Bolehkah Satu Sembelihan untuk Qurban dan Aqiqah ?



KEPUTUSAN BAHTSUL MASAIL NAHDLATUL ULAMA KAB. NGAWI KE III
Di PP. Nahdlatuth Thullab Tempursari Timur Ds. Tambak Boyo Kec. Mantingan
Ahad Legi, 14 September 2014 (Waqi’iyyah)



Moderator
Perumus
Mushahih
Notulen
K. Muwahidul Wahab
01. K. Ulin Nuha Rozy
02. K. Rochmat Ja’far
03. K. Turmudzi
01. K Ahmad  Romlan
02. K Abdul Azizi
03. K Asmuni
01. Muhammad Sholeh
02. Agus Thohir

1.         Aqiqoh dan Kurban
Deskripsi:
Seperti yang telah terjadi dikalangan masyarakat bahwa pemahaman tentang aqiqoh dan kurban ternyata masih rancau. Ada yang mempunyai anggapan bahwa aqiqoh dan kurban adalah satu kesatuan ibadah yang biasa dilakukan, sehingga jika sudah melaksanakan aqiqoh maka tidak perlu kurban atau sebaliknya. Adapula yang beranggapan bahwa aqiqoh dan kurban adalah ibadah sendiri-sendiri, artinya melakukan kurban sendiri, aqiqoh sendiri, atau melakukan kurban sekaligus niat aqiqoh.
Pertanyaan:
a.         Bagaimana penjelasan tentang aqiqoh dan kurban?

Jawaban : Secara Etimologis (lughawi) Aqiqah adalah memotong (al-qat'u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan sedangkan Menurut terminologi syariah (fiqih) Aqiqah adalah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah atas lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan pada hari ketuju kelahiran. dan hukumnya Sunnah Muakkad .
Sedangkan Kurban adalah hewan ternak yg disembelih untuk mendekatkan diri pada Alloh dimulai pada hari idul adha (setelah sholat idul adha) sampai akhir hari tasyriq. dan hukumnya juga sunnah muakkad.
Dan Aqiqah itu seperti Udlkhiyah/kurban  dalam semua hukum-hukum udlkhiyah, meliputi: Jenis, umur, keselamatan, niat, hal yang lebih utama, menshodaqohkan hewan udlkhiah, hasil sunnah dengan satu kambing walaupun untuk anak lelaki dan hal-hal lain yang akan diterangkan dalam bab aqiqoh. Namun dalam aqiqoh tidak wajib dengan daging mentah”.

Jadi kesimpulan tentang persamaan aqiqoh dan kurban meliputi:
·       Jenis hewan;
·       Umur hewan;
·       kesehatan/keselamatan hewan;
·       Niat (kalau niat aqiqoh/kurban wajib, maka menjadi wajib);
·       kesunahan (sunah muakkad);
·       boleh memakan sedikit (untuk aqiqoh/kurban sunah);
·       mensodaqohkan kepada fakir-miskin;
·       bisa mendapat kesunahan walau berupa satu kambing.

Untuk perbedaan aqiqoh dan kurban meliputi:

·       Aqiqoh tidak wajib memberikan daging secara mentah, sedangkan kurban wajib.
·       Aqiqoh sunah untuk tidak memecah tulang hewan, sedangkan kurban tidak.
·       Aqiqoh untuk anak yang dilahirkan. Sedangkan kurban untuk diri sendiri. Dan Aqiqoh Untuk anak laki-laki sunah dua kambing, sedangkan kurban cukup satu.
·       Aqiqoh hanya boleh berupa kambing, sedangkan kurban lebih umum, bisa berupa onta, sapi, kerbau kambing dan lain-lain (ini diluar pendapat yang mengatakan aqiqoh/kurban boleh dengan ayam).
·       Aqiqah untuk menebus jiwa anak sedangkan Kurban untuk menebus jiwa yang berkurban.


No
Referensi
No
Referensi
01.
Fath Al-Qorib Al-Mujib Hal. 63
04.
Hasyiyah al-Jamal Juz. 6 Hal. 62
02.
Hasyiyah al-Bajairomi ala al Khotib
 Juz. 13  Hal. 250
05.
Busyrol Al Karim juz. 2 hal. 129
03
Fath Al-Qorib Al-Mujib Hal. 62.



فتح القريب المجيب لابن قاسم الغزي - (ص 63(
)فصل): في أحكام العقيقة وهي لغة اسم للشعر على رأس المولود وشرعاً ما سيذكره المصنف بقوله (والعقيقة) عن المولود (مستحبة) وفسر المصنف العقيقة بقوله (وهي الذبيحة عن المولود يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع، ولو مات المولود قبل السابع ولا تفوت بالتأخير بعده، فإن أخرت للبلوغ سقط حكمها في حق العاق عن المولود أما هو فمخير في العق عن نفسه والترك.
حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 13 / ص 250)
فَصْلٌ : فِي الْعَقِيقَةِ وَهِيَ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ لِلْأَخْبَارِ الْوَارِدَةِ فِي ذَلِكَ مِنْهَا خَبَرُ : { الْغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ .وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى } وَمِنْهَا : { أَنَّهُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِتَسْمِيَةِ الْمَوْلُودِ يَوْمَ سَابِعِهِ وَوَضْعِ الْأَذَى عَنْهُ وَالْعَقِّ } رَوَاهُمَا التِّرْمِذِيُّ ؛ وَمَعْنَى مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ قِيلَ لَا يَنْمُو نُمُوَّ مِثْلِهِ .وَقِيلَ : إذَا لَمْ يُعَقَّ عَنْهُ لَمْ يَشْفَعْ لِوَالِدَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ .
فتح القريب المجيب لابن قاسم الغزي - (ص 62)
(فصل): في أحكام الأضحية بضم الهمزة في الأشهر، وهي اسم لما يذبح من النعم يوم عيد النحر، وأيام التشريق تقرباً إلى الله تعالى. (والْاضحية سنة مؤكدة) على الكفاية فإذا أتى بها واحد من أهل بيت كفى عن جميعهم، ولا تجب الأضحية إلا بالنذر
حاشية الجمل الجزء الخامس ص: 265
(وهي) أي العقيقة (كضحية) في جميع أحكامها من جنسها وسنها وسلامتها ونيتها والأفضل منها والأكل والتصدق وحصول السنة بشاة ولو عن ذكر وغيرها مما يتأتى في العقيقة لكن لا يجب التصدق بلحم منها نيئا
بشري الكريم بشرح مسائل التعليم   
)العقيقة سنة } مؤكدة ... وهي { كالأضحية } سنا وجنسا وسلامة من العيوب ونية ووجوبا بالنذر ونحوه وامتناع الأكل من الواجبة والتصدق بجميعها وغير ذلك . نعم تخالفها في أمور قليلة ، منها : أن ما يهدي منها للغني يملكه ، وأنها يسن طبخها بحلو تفاؤلا ، وإعطاء رجلها إلي أصل الفخذ والأفضل اليمني للقابلة وإن تعددت ، ولو تعددت العقيقة كفي لهن رجل واحدة في أصل السنة ، ولا يجب التمليك من لحمها نيئا بل يطبخه ، ولا يكسر عظامها كما يأتي . انتهي

b.        Manakah yang lebih diutamakan antara aqiqoh dan kurban?
Jawaban : Aqiqoh dan Kurban dalam madzab syafi’iyyah adalah ibadah sendiri-sendiri (mustaqillah) yang tidak bisa dibanding-bandingkan satu dengan yang lain, sedangkan dalam pelaksanaanya terjadi perbedaan pendapat :
a.     Menurut imam ibnu hajar satu kambing tidak boleh diniati aqiqah dan kurban
b.     Menurut imam romli satu kambing boleh diniati aqiqah dan kurban

No
Referensi
No
Referensi
01.
Bughyah al Musytarsyidin juz. 1 hal 548
03
Al Fawaid Al Madaniyah
02
    Hawasyi al Syarwaniy wa al ‘Ubadiy
    Juz 9 Hal. 370



بغية المسترشدين - (ج 1 / ص 548)
ولو ذبح شاة ونوى بها الأضحية والعقيقة أجزأه عنهما قاله (م ر) وقال ابن حجر : لا تتداخلان.
حواشي الشرواني والعبادي - (ج 9 / ص 370)
ولو نوى بها العقيقة والاضحية حصلا عند م ر ولم تحصل واحدة منهما عند حج قال لان كلا منهما مقصود والقصد بالضحية  الضيافة العامة وبالعقيقة الخاصة ولاختلافهما فى امور كماياتى وانما صح الغسل بنية الجنابة وسن نحو الجمعة لبناء الطهارة على التداخل
الفوائد المدنية
قال السيد عمر البصري إن ما اختلف عليه ابن حجر والرملي فليعتمد أيها شاء


Leave a Reply

Terima Kasih Atas Komentar Anda

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima kasih pada FThemes.com | Converter: Blogger Themes & Blogger Templates
Flippa