KEPUTUSAN
BAHTSUL MASAIL NAHDLATUL ULAMA KAB. NGAWI KE III
Di PP. Nahdlatuth
Thullab Tempursari Timur Ds. Tambak Boyo Kec. Mantingan
Ahad Legi, 14 September 2014 (Waqi’iyyah)
Moderator
|
Perumus
|
Mushahih
|
Notulen
|
K. Muwahidul Wahab
|
01. K. Ulin Nuha Rozy
02. K. Rochmat Ja’far
03. K. Turmudzi
|
01. K Ahmad Romlan
02. K Abdul Azizi
03. K Asmuni
|
01. Muhammad
Sholeh
02. Agus Thohir
|
1.
Aqiqoh dan Kurban
Deskripsi:
Seperti yang
telah terjadi dikalangan masyarakat bahwa pemahaman tentang aqiqoh dan kurban
ternyata masih rancau. Ada yang mempunyai anggapan bahwa aqiqoh dan kurban
adalah satu kesatuan ibadah yang biasa dilakukan, sehingga jika sudah
melaksanakan aqiqoh maka tidak perlu kurban atau sebaliknya. Adapula yang
beranggapan bahwa aqiqoh dan kurban adalah ibadah sendiri-sendiri, artinya
melakukan kurban sendiri, aqiqoh sendiri, atau melakukan kurban sekaligus niat
aqiqoh.
Pertanyaan:
a.
Bagaimana penjelasan tentang aqiqoh
dan kurban?
Jawaban : Secara Etimologis (lughawi) Aqiqah
adalah memotong (al-qat'u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang
dilahirkan sedangkan Menurut terminologi syariah (fiqih) Aqiqah adalah hewan
yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Allah atas lahirnya
seorang anak baik laki-laki atau perempuan pada hari ketuju kelahiran. dan
hukumnya Sunnah Muakkad .
Sedangkan Kurban adalah
hewan ternak yg disembelih untuk mendekatkan diri pada Alloh dimulai pada hari
idul adha (setelah sholat idul adha) sampai akhir hari tasyriq. dan hukumnya
juga sunnah muakkad.
Dan Aqiqah itu seperti Udlkhiyah/kurban dalam semua hukum-hukum udlkhiyah, meliputi:
Jenis, umur, keselamatan, niat, hal yang lebih utama, menshodaqohkan hewan
udlkhiah, hasil sunnah dengan satu kambing walaupun untuk anak lelaki dan
hal-hal lain yang akan diterangkan dalam bab aqiqoh. Namun dalam aqiqoh tidak
wajib dengan daging mentah”.
Jadi kesimpulan tentang persamaan
aqiqoh dan kurban meliputi:
·
Jenis hewan;
·
Umur hewan;
·
kesehatan/keselamatan
hewan;
·
Niat (kalau niat
aqiqoh/kurban wajib, maka menjadi wajib);
·
kesunahan (sunah
muakkad);
·
boleh memakan
sedikit (untuk aqiqoh/kurban sunah);
·
mensodaqohkan
kepada fakir-miskin;
·
bisa mendapat
kesunahan walau berupa satu kambing.
Untuk perbedaan aqiqoh dan kurban
meliputi:
· Aqiqoh tidak wajib memberikan daging secara mentah,
sedangkan kurban wajib.
· Aqiqoh sunah untuk tidak memecah tulang hewan,
sedangkan kurban tidak.
· Aqiqoh untuk anak yang dilahirkan. Sedangkan kurban
untuk diri sendiri. Dan Aqiqoh Untuk anak laki-laki sunah dua kambing,
sedangkan kurban cukup satu.
· Aqiqoh hanya boleh berupa kambing, sedangkan kurban
lebih umum, bisa berupa onta, sapi, kerbau kambing dan lain-lain (ini diluar
pendapat yang mengatakan aqiqoh/kurban boleh dengan ayam).
· Aqiqah untuk menebus jiwa anak sedangkan Kurban untuk
menebus jiwa yang berkurban.
No
|
Referensi
|
No
|
Referensi
|
01.
|
Fath Al-Qorib Al-Mujib Hal. 63
|
04.
|
Hasyiyah al-Jamal Juz. 6 Hal. 62
|
02.
|
Hasyiyah al-Bajairomi ala al Khotib
Juz. 13 Hal. 250
|
05.
|
Busyrol
Al Karim juz. 2 hal. 129
|
03
|
Fath Al-Qorib Al-Mujib Hal. 62.
|
فتح القريب المجيب لابن قاسم الغزي - (ص 63(
)فصل): في أحكام العقيقة وهي لغة اسم للشعر على رأس المولود وشرعاً ما سيذكره المصنف
بقوله (والعقيقة) عن المولود (مستحبة) وفسر المصنف العقيقة بقوله (وهي الذبيحة عن المولود
يوم سابعه) أي يوم سابع ولادته بحسب يوم الولادة من السبع، ولو مات المولود قبل السابع
ولا تفوت بالتأخير بعده، فإن أخرت للبلوغ سقط حكمها في حق العاق عن المولود أما هو
فمخير في العق عن نفسه والترك.
حاشية البجيرمي على الخطيب - (ج 13 / ص 250)
فَصْلٌ : فِي الْعَقِيقَةِ وَهِيَ سُنَّةٌ مُؤَكَّدَةٌ لِلْأَخْبَارِ
الْوَارِدَةِ فِي ذَلِكَ مِنْهَا خَبَرُ : { الْغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ
عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ .وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى } وَمِنْهَا : { أَنَّهُ
صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِتَسْمِيَةِ الْمَوْلُودِ يَوْمَ سَابِعِهِ
وَوَضْعِ الْأَذَى عَنْهُ وَالْعَقِّ } رَوَاهُمَا التِّرْمِذِيُّ ؛ وَمَعْنَى مُرْتَهَنٌ
بِعَقِيقَتِهِ قِيلَ لَا يَنْمُو نُمُوَّ مِثْلِهِ .وَقِيلَ : إذَا لَمْ يُعَقَّ عَنْهُ
لَمْ يَشْفَعْ لِوَالِدَيْهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ .
فتح القريب المجيب لابن قاسم الغزي - (ص 62)
(فصل): في أحكام الأضحية بضم الهمزة في الأشهر، وهي اسم لما يذبح من
النعم يوم عيد النحر، وأيام التشريق تقرباً إلى الله تعالى. (والْاضحية سنة مؤكدة)
على الكفاية فإذا أتى بها واحد من أهل بيت كفى عن جميعهم، ولا تجب الأضحية إلا بالنذر
حاشية الجمل الجزء الخامس ص: 265
(وهي) أي العقيقة (كضحية) في جميع أحكامها من جنسها
وسنها وسلامتها ونيتها والأفضل منها والأكل والتصدق وحصول السنة بشاة ولو عن ذكر
وغيرها مما يتأتى في العقيقة لكن لا يجب التصدق بلحم منها نيئا
بشري الكريم
بشرح مسائل التعليم
)العقيقة سنة } مؤكدة ... وهي { كالأضحية } سنا وجنسا
وسلامة من العيوب ونية ووجوبا بالنذر ونحوه وامتناع الأكل من الواجبة والتصدق
بجميعها وغير ذلك . نعم تخالفها في أمور قليلة ، منها : أن ما يهدي منها
للغني يملكه ، وأنها يسن طبخها بحلو تفاؤلا ، وإعطاء رجلها إلي أصل الفخذ والأفضل
اليمني للقابلة وإن تعددت ، ولو تعددت العقيقة كفي لهن رجل واحدة في أصل السنة ،
ولا يجب التمليك من لحمها نيئا بل يطبخه ، ولا يكسر عظامها كما يأتي . انتهي
b.
Manakah yang lebih diutamakan antara
aqiqoh dan kurban?
Jawaban : Aqiqoh dan Kurban dalam madzab syafi’iyyah
adalah ibadah sendiri-sendiri (mustaqillah) yang tidak bisa dibanding-bandingkan
satu dengan yang lain, sedangkan dalam pelaksanaanya terjadi perbedaan pendapat
:
a.
Menurut imam ibnu hajar satu kambing
tidak boleh diniati aqiqah dan kurban
b.
Menurut imam romli satu kambing
boleh diniati aqiqah dan kurban
No
|
Referensi
|
No
|
Referensi
|
01.
|
Bughyah al Musytarsyidin juz. 1 hal 548
|
03
|
Al
Fawaid Al Madaniyah
|
02
|
Hawasyi al Syarwaniy wa
al ‘Ubadiy
Juz 9 Hal. 370
|
بغية المسترشدين - (ج 1 / ص 548)
ولو ذبح شاة ونوى بها الأضحية والعقيقة
أجزأه عنهما قاله (م ر) وقال ابن حجر : لا تتداخلان.
حواشي الشرواني والعبادي - (ج 9 / ص
370)
ولو نوى بها العقيقة والاضحية حصلا عند م ر ولم تحصل واحدة منهما عند حج قال
لان كلا منهما مقصود والقصد بالضحية
الضيافة العامة وبالعقيقة الخاصة ولاختلافهما فى امور كماياتى وانما صح
الغسل بنية الجنابة وسن نحو الجمعة لبناء الطهارة على التداخل
الفوائد
المدنية
قال السيد عمر
البصري إن ما اختلف عليه ابن حجر والرملي فليعتمد أيها شاء